Beranda Internet Server : Pengertian dan Fungsinya oleh GueSuka.info

Server : Pengertian dan Fungsinya oleh GueSuka.info

512
0
server adalah

GueSuka.Info – Saat kamu belajar mengenai dunia IT, kata “server adalah” salah satu yang pastinya kamu sering dengar. Meskipun sering mendengar kata yang satu ini, masih banyak yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan server.

Buat kamu yang belum memahami lebih jauh mengenai hal ini, maka cocok kiranya membacanya di sini. Melalui artikel yang satu ini aka nada banyak penjelasan mengenai pengertian, jenis, serta fungsi darinya.

Pengertian Server

Secara umum pengertian server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan sumber daya penyimpan data dan juga layanan tertentu. Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutnya dengan nama lain yaitu peladen.

Itu merupakan tempat menyimpan informasi dan beragam jenis dokumen yang begitu kompleks. Orang bisa menggunakan data tersebut untuk berbagai layanan. Contohnya saja untuk menerima atau mengirim email, menampilkan website, dan lain sebagainya.

Secara pasti kerjanya nanti akan juga berhubungan dengan beberapa client. Di lain sisi client bisa menyambung dengan beberapa peladen untuk melakukan aktivitas back-up.

Bentuknya itu ada bermacam-macam. Bisa dalam bentuk software, hardware, atau sebagai virtual machine. Untuk yang bentuknya hardware itu biasanya berwujud jaringan komputer yang ukurannya raksasa. Saking besarnya, bahkan bisa menampung beberapa prosesor dan RAM dengan kapasitas yang banyak.

BACA JUGA : Mengulas Topologi Jaringan, Peta Jalan Antara Komputer Dan Host

Fungsi Server

Ada beberapa fungsi darinya  yang perlu kamu ketahui. Diantaranya sebagai berikut:

1. Melayani Permintaan Client

Sebelumnya telah ada penjelasan bahwa peladen akan saling terhubung dengan client. Biasanya client akan meminta data ataupun aplikasi untuk client jalankan.

Guna mendukung hal itu, peladen akan mengoperasikannya dengan cara cepat dan aman. Dengan itu, client akan bekerja secara aman dan efektif.

2. Penyimpanan Data dan Informasi

Fungsi selanjutnya adalah sebagai ruang penyimpanan data dari client. Dari data yang dikirim, dia akan merubahnya menjadi dokumen atau informasi kompleks. Kamu memerlukan server dengan kapasitas yang besar untuk menampung data yang besar pula.

3. Menyimpan Database Besar

Tugas atau fungsi berikutnya tidak lain adalah menyediakan database. Database yang dibuat dan disediakan olehnya akan berguna untuk penyimpanan serta pengolah data. Pada perusahaan hal ini sangat bermanfaat karena bisa menerapkan big data.

4. Pengaturan Lalu Lintas Data dan File

Server punya fungsi untuk mengatur aktivitas komunikasi dan transfer file ke client. Lalu lintas transfer data dan file terjadi secara kontinuitas. Oleh karena itu, biasanya kapasitasnya harus tinggi untuk menjaga agar proses transfer data tersebut aman dan lancar.

5. Tugas Server Adalah Mengamankan

Terakhir adalah berkaitan tentang pengamanan. Melindungi komputer dan seluruh data di website dari serangan kejahatan seperti hacker adalah sesuatu yang dilakukan olehnya.

Adanya server adalah untuk melakukan pengecekan terhadap setiap alamat IP dan data lainnya. Jika menemukan hal yang mencurigakan, maka server akan bisa melacaknya.

Selain fungsi yang sudah kamu baca di atas, server punya fungsi khususnya tergantung dari jenisnya. Ada yang untuk penyimpanan data email, menjalankan website, mengatur aktivitas download dan upload file, mengatur alamat IP, mengelola data-data seperti music, video, hingga hal lainnya.

Sudah Tahu Pengertian dan Apa Saja Fungsi Dari Server?

Garis besarnya server adalah sistem komputer yang memiliki kapasitas besar untuk kebutuhan perangkat lain atau client. Banyak manfaat dan fungsi darinya seperti yang telah kamu baca pada artikel ini. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here