Beranda Komputer Sejarah perkembangan hardisk: dari yang pertama hingga terbaru

Sejarah perkembangan hardisk: dari yang pertama hingga terbaru

817
0
sejarah hardisk

Saat ini, hardisk atau disingkat HDD merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah komputer. Hardisk berfungsi sebagai media penyimpan data permanen yang dapat diakses oleh komputer secara cepat. Namun, tahukah Anda bagaimana sejarah perkembangan hardisk dimulai?

 

Hardisk pertama kali ditemukan pada tahun 1956 oleh IBM. Hardisk tersebut memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 5 megabyte dan berukuran sebesar almari dapur. Hardisk ini dirancang menggunakan teknologi pergerakan mekanik, yakni dengan perputaran piringan logam yang dilengkapi dengan pengamat yang secara bergantian menyimpan atau membaca data.

 

Kemudian, pada tahun 1960-an, IBM melakukan inovasi untuk mengurangi ukuran dan berat hardisk. Hal ini menyebabkan berkurangnya kapasitas penyimpanan hardisk. Namun, pada tahun 1973, IBM kembali menciptakan teknologi baru yang disebut dengan “Winchester”. Teknologi ini memungkinkan hardisk untuk memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi dan ukuran yang lebih kecil.

 

Dalam dekade berikutnya, perkembangan hardisk semakin pesat dengan munculnya teknologi baru seperti SCSI dan IDE. Teknologi SCSI memungkinkan penggunaan hardisk dengan kapasitas yang lebih tinggi dan transfer data yang lebih cepat. Sementara, teknologi IDE muncul dengan desain yang lebih sederhana dan harga yang lebih terjangkau.

 

Pada 1990-an, hardisk semakin terjangkau hingga dapat dimiliki oleh kebanyakan orang. Kapasitas penyimpanannya pun semakin besar, bahkan mencapai ratusan gigabyte. Selain itu, pada tahun 1998, muncul teknologi baru yang revolusioner, yakni hardisk dengan basis memori cair atau SSD.

 

Teknologi SSD memungkinkan kecepatan yang lebih tinggi dan tidak bergantung pada pergerakan mekanik. Hal ini membuat SSD menjadi pilihan bagi para pengguna laptop yang ingin memiliki kecepatan akses yang tinggi dan daya tahan yang lebih tinggi.

 

Kini, hardisk masih berkembang pesat dengan terus meningkatkan kapasitas dan kecepatannya. Penggunaan hardisk semakin luas, baik di bidang bisnis, pemerintahan, pendidikan, maupun hiburan. Dengan adanya hardisk, komputer bisa menjadi lebih fungsional dan dapat menyimpan data yang lebih banyak.

 

Dari sejarah perkembangan hardisk, kita dapat melihat bahwa inovasi terus menerus dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan fungsionalitas hardisk. Kita bisa memanfaatkan teknologi ini untuk membuat pekerjaan yang lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, sebagai pengguna komputer ulung, kita harus terus mengikuti perkembangan teknologi hardisk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here