Beranda Crypto Wow Kripto Terbang Lagi, tapi Harga Dogecoin Masih Terpuruk

Wow Kripto Terbang Lagi, tapi Harga Dogecoin Masih Terpuruk

420
0
kripto naik

Harga mayoritas mata uang kripto (cryptocurrency) melanjutkan penguatannya pada perdagangan Jumat (6/8/2021) pagi waktu Indonesia, di tengah sentimen positif dari proses pembaruan sistem di koin digital ethereum.

Berdasarkan data dari CoinMarketCap pukul 09:10 WIB, dari enam kripto berkapitalisasi terbesar non-stablecoin, hanya koin digital ‘meme’ dogecoin saja yang bergerak melemah pada pagi hari ini.

Bitcoin melesat 2,91% ke level harga US$ 40.518,51/koin atau setara dengan Rp 581.035.433/koin (asumsi kurs Rp 14.340/US$), ethereum meroket 4,14% ke level US$ 2.799,88/koin (Rp 40.150.279/koin), binance coin bertambah 1,08% ke US$ 337,02/koin (Rp 4.832.867/koin).

Selanjutnya cardano menguat 0,45% ke posisi US$ 1,38 per koin atau setara dengan Rp 19.789 per koinnya dan ripple terapresiasi 1,01% ke US$ 0,7314 per koin (Rp 10.488 per koin).

Sementara untuk koin digital ‘meme’, dogecoin terpantau turun 0,14% ke posisi harga US$ 0,1995 per koin atau setara dengan Rp 2.861 per koinnya.

Ethereum sempat menjadi sorotan pada Kamis kemarin, karena adanya proses pembaruan (upgrade) sistem blockchain Ethereum yang dijuluki ‘London Hard Fork’.

Kabar adanya proses upgrade tersebut membuat koin digital ethereum naik 5% selama 24 jam terakhir, dibandingkan dengan kenaikan 3% pada bitcoin selama periode yang sama.

Walaupun begitu, upgrade sistem ini juga berdampak positif bagi kripto terbesar lainnya dan akhirnya kembali melanjutkan penguatannya dari perdagangan Kamis kemarin.

Terlepas dari reli ethereum, beberapa analis memperkirakan bahwa investor institusional yang kembali masuk di kripto akan memakan waktu beberapa tahun.

Kepentingan institusional mendorong daya tarik investasi bitcoin selama setahun terakhir, yang berkontribusi pada reli kripto selama kuartal keempat tahun 2020.

“Saya pikir ethereum mungkin dapat membalikkan kapitalisasi pasar bitcoin dalam jangka panjang, tetapi tidak tahun ini,” kata CEO CryptoQuant Ki Young Ju, dalam sebuah wawancara dengan WuBlockchain, dikutip dari CoinDesk.

Baca Juga: Aset Kripto Hari Ini Kompak Melesat, Bitcoin Tembus 40.000 Dollar AS

Ethereum awalnya masih stabil, setelah ‘London Hard Fork’ diaktifkan, tetapi mulai menguat sekitar satu jam kemudian.

Banyak trader kripto berfokus pada satu komponen upgrade, yang disebut Ethereum Improvement Proposal (EIP) 1559, di mana upgrade ini dilakukan dengan mengubah struktur biaya jaringan sehingga sejumlah pasokan cryptocurrency akan ‘dibakar’ atau dihapus dari peredaran.

Efek jangka pendeknya adalah bahwa penerbitan bersih unit baru cryptocurrency oleh blockchain akan melambat sebagai akibat dari perubahan tersebut yang pada akhirnya membantu menetapkan harga di bawah rata-rata atau dibawah harga wajar.

Analis di Stack Funds dan lainnya telah membandingkan ‘London Hard Fork’ dan implementasi EIP 1559 dengan ‘halvings’ blockchain bitcoin yang terjadi setiap empat tahun dalam arti bahwa perubahan besar dalam pertumbuhan pasokan cryptocurrency dikerahkan pada saat-saat tertentu dalam siklus hidup blockchain.

Beberapa investor percaya peristiwa separuh bitcoin di masa lalu telah membantu meningkatkan harga cryptocurrency hingga saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here